Saturday, August 20, 2016

Himmatul aliyah mencapai kesuksesan

Tags

     


Mencari ilmu adalah hal yg wajib bagi kaum adam hawa karena setiap individual adam hawa di tuntut untuk mempelajari beberapa ilmu yang di butuhkannya menuju jalan yang lurus.
Dalam hadis nabi
طلب العلم فريضة علي كل مسلمين والمسلمات
Mencari ilmu adalah kewajiban setiap individual manusia laki-laki dan perempuan.

Ilmu apa yang wajib bagi manusia ?


Tidak ada salah nya kita mempelajari semua ilmu dimuka bumi ini, Ilmu tidak akan habis-habis untuk di pelajari. Dalam al Qur'an di sebutkan
Seandainya air laut di muka bumi di jadikan tinta dan semua pohon-pohon di jadikan alat tulis, itu tidak cukup untuk menuliskan ilmu Allah.


Tidak apa-apa kita mempelajari ilmu formal seperti astronomi, matematika, teknologi, filsafat dan sebagainya.
Tapi ingat!! Ini semua tidak wajib Anda pelajari melainkan mubah atau di perbolehkan saja. Sehingga mereka yang mempelajari ilmu formal yang hukum nya mubah (di perbolehkan) akan berdosa jika mereka meninggalkan ilmu yang wajib mereka pelajari.

Ilmu yang wajib di pelajari 


Ilmu yamg wajib di pelajari setiap muslim adalah ilmu yamg di butuhkan pada waktu itu, ( علم الحال)  contohnya setiap muslim wajib mempelajari akidah akidah islam untuk menguatkan keimanan nya. Kenapa berdosa ? Karena jika mereka yang mempelajari ilmu formal semisal filsafat, seandainya ilmu filsafatya bertentangan dengan akidah islam, mereka tidak tahu bahwa pelajaran itu salah menurut islam.
Saya kasih contoh :
Menurut ilmu filsafat modern bahwa dunia ini sifat nya abadi tidak akan pernah hancur dengan berbagai dalil-dalilnya.
Kemudian menurut akidah islam tidak ada yang abadi kecuali Allah swt sang pencipta dengan dalil-dalilnya sehingga mustahil dunia ini abadi.

Coba kira-kira Anda yang tidak tahu dunia
Adalah fana tidak abadi dan hanya tahu menurut filsafat saja, Anda akan mempercayai nya atau tidak ??
Saya pernah berdebat dengan sohib saya dan dia bersikeras mengatakan bahwa dunia ini abadi. Ya mungkin saya juga seandainya tidak tahu menurut akidah islam akan sama seperti sohib saya.
Kembali lagi ke pembahasan....

Seorang pedagang muslim misalnya, dia wajib mengetahui cara jual beli menurut islam. Karena jika tidak tahu hukum jual beli menurut islam di takutkan akan terjerumus dalam jual beli yang di larang oleh islam. Contoh semisal Anda adalah seorang pengusaha yang bangkrut otomatis Anda ingin bangkit lagi dari keterpurukan. Kemudian Anda berniat meminjam uang ke bank atau renternir. Semisal Anda meminjam 100 juta dengan perjanjian Anda harus mengembalikan 150 juta .
Apakah Anda akan mengambilnya ?
Dalam hukum ekonomi mungkin bisa kita pikirkan dari 100 juta bisa kita jadikan 1 milyar sehingga pembayaran dengan lebih 50 juta tidak terlihat besar ataupun rugi, iya kan.??

Tapi menurut hukum syariat islam meminjam 100 juta harus di kembalikan 100 juta lagi, tidak boleh di lebihi. Sehingga membayar lebih adalah perbuatan yang haram menurut syariat islam.
Pahamkan ??? 

Begitu juga petani, pedagang wajib memahami perjakatan berapa yang harus di keluarkan dan seterusnya.

Kadang mereka yang ingin tahu, tidak tahu harus berbuat apa. Kadang yang sudah tahu tidak mau melakukannya dan berbagi alasan alasan yang menguntungkannya di dunia dan tentu saja merugikannya di akherat mendapat siksa.
Untuk bisa mempelajari ilmu yang wajib kita pelajari kadang-kadang sangat sulit dilakukan. Jangankan ilmu islam yang wajib kita pelajari, pelajaran formal pun kita tidak serius mempelajarinya.

Butuh Himmatul aliyah (semangat yang tinggi ) dalam setiap hal yang kita inginkan agar tercapai segala yang kita inginkan.
Bukan saya memberitahu kepada pembaca budiman, tapi saya hanya mengingatkan kepada Anda yang lupa dan juga memberikan peringatan kepada diri saya sendiri untuk tetap semangat dalam mempelajari syariat islam.
Semoga artikel ini membantu Anda
Terima kasih telah berkunjung.....

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon